Tingkatkan Kompetensi Guru, IGI dan Dindik Bateng Gelar Pelatihan

KOBA, Beritakite.com -Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Bangka Tengah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah mengadakan pelatihan Sagusavi (Satu Guru Satu Video Pembelajaran). Acara ini diadakan di gedung pertemuan SMPN 1 Koba pada Selasa (21/09).

Hadir dalam acara ini yaitu Dian Ekawati, S Psi sebagai perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Ketua IGI Bangka Tengah M. Yanuar Anoseputra, S.Pd.I, para pengurus IGI Bangka Tengah, serta para peserta yang merupakan perwakilan dari berbagai sekolah di Kabupaten Bangka Tengah.

Narasumber pelatihan ini adalah Supriyatni, S.Pd.SD merupakan Duta Rumah Belajar Provinsi Bangka Belitung tahun 2020. Idda Mawaddah, S Pd peraih penghargaan creator video terbaik Kabupaten Bangka Tengah tahun 2020.

Dian Ekawati, S.Psi dalam sambutannya mengatakan bahwa video pembelajaran sudah menjadi perhatian pihaknya sejak awal-awal pandemi.

“Kami menyambut baik dan mengapresiasi acara IGI Bangka Tengah, karena video pembelajaran adalah hal yang penting bahkan sudah kami ingatkan kepada guru-guru sejak awal pandemi tahun lalu”, jelasnya.

“Kami menargetkan dalam acara ini ada 84 video pembelajaran baru, sesuai dengan jumlah peserta yang mengikuti acara ini”, tambahnya.

Sementara itu, M Yanuar Anoseputra, S Pd I menjelaskan acara ini juga menggunakan teknologi _Stream Yard_ langsung dari Jakarta.

“Acara ini didukung oleh kanal Sagusavi Nasional. IGI memiliki lebih kurang 60 kanal pelatihan yang siap kita gunakan. Pada Sagusavi ini, kita menggunakan Teknologi _Stream Yard_ untuk _live conference_ dengan Kang Widi Astiyono pimpinan Sagusavi Nasional”, jelasnya.

“Pada masa pandemi ini, banyak muncul media dan metode pembelajaran baru yang dulu ketika kita kuliah tidak pernah dipelajari. Oleh karena itu, guru zaman sekarang bukan hanya dituntut mengajar, tetapi harus mau belajar. Jika tidak belajar, maka kita akan ketinggalan dengan perkembangan zaman dan keadaan”, ungkapnya.

Pelatihan ini dilaksanakan mulai dari 21 September 2021 secara tatap muka, dilanjutkan 22 sampai 28 September 2021 secara daring. Para peserta nampak antusias mengikuti pelatihan ini.

“Pelatihan pembuatan video pembelajaran ini sangat penting bagi guru agar pembelajaran menjadi tidak membosankan, seerta membuat anak-anak lebih semangat belajar, “ ungkap Sapta salah satu peserta pelatihan kepada media. (Sr)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

3 − 3 =