Tubagus Muhammad Abdussomad, S.Pd.I / dok. pribadi

Waspada Terpapar Virus Corona Convid-19

Oleh : Tubagus Muh.AS, S.Pd.I
Penulis adalah Ketua PUI Kab Lahat

Mensikapi wabah penyakit virus corona saat ini, tentu kita harus waspada, hati-hati dan disiplin diri, info terkini bahwa saat ini sdh 140 an negara atau sekitar 70 % negara-negara yang ada sudah terpapar Virus Corona, termasuk di Indonesia, info terkini sudah hampir 100 WNI yang Positif Virus Corona dan tersebar di beberapa kota di indonesia, selain Jabodetabek,  Kab/Kota penyangga, Bandung, Banten, juga di kota Solo, Bali, dan beberapa daerah lainnya.

Sekali lagi tentu kita harus waspada dan antisipasi terhadap penularan virus ganas ini. Kita memohon agar pemerintah dari pusat sampe daerah bersama-sama segera tanggap dan ambil langkah- langkah solutif.

Juga tentu kita meminta agar khususnya kabupaten kita Pemkab Lahat juga segera ambil langkah-langkah antisifatif, prepentif dan solutif dan kebijakan terbaik dgn kondisi saat ini. Mengapa? Potensi penyebaran virus korona ke Kab. Lahat tentu tidak dapat di pandang bahwa Kab. Lahat akan aman karena jauh dari kota-kota yang sudah terpapar. Karena kita tidak ada jaminan masyarakat yang lalu lalang ke kota-kota terpapar tentu masih berjalan seperti biasanya, dgengan keperluan yang berbeda-beda tentunya masih hilir mudik masy Kabupaten Lahat ke kota-kota terpapar semisal ibu kota Jakarta, ada yang keperluan belanja tentu ini bgagi para pedagang, ada yang dinas luar bagi para pejabat, ada yang nengok keluarga, dll, atau kita tau bersama di Kabupaten Lahat banyak perusahaan-perusahaan dengan tenaga kerja asing yang tentu ada jadwal-jadwal keluar masuk Kabupaten Lahat.

Maka dari itu agar kita semua tetap waspada dan tidak lengah dan tentu kita sangat berharap ada perhatian serius dari Pemkab Lahat.

Sedikit kiat bagi kita seputar langkah-langkah prepentif dan penangan efektif thd wabah penyakit, termasuk virus Corona yang saat ini sdh melanda kita, semoga bermanfaat:

Pertama adalah Konsep Karantina, ini dgn program-program pribadi dan keluarga untuk sekaligus moment peningkatan iman dan taqwa, seperti tilawah quran, dzikir dan doa, juga tentunya istigfar yang kita lakukan di rumah masing-masing.

Kedua meningkatkan amal sholeh, perbanyak infaq, sedekah, dll untuk hadirkan tolak bala, sbgmn tuntunan agama kita agama islam.

Ketiga dgn Social distancing ( menjaga diri dari perkumpulan-perkumpulan, keramaian-keramaian, atau pertemuan-pertemuan yang melibatkan banyak orang).

Keempat menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), makan yang halal toyyib, juga perbanyak berwudu dan sholat, perbanyak cuci tangan, jemur baju di atas terik matahari.

Kelima Menghindari bersentuhan Fisik dgn orang yang terpapar virus Corona. Untuk antisipasi kondisi saat ini, kita berinisiatif tidak bersalaman dan atau berpelukan sementara waktu ketika berjumpa dan tegur sapa dengan saudara-saudara kita.

Selain tentunya, bersabar dan tawakkal kepada Allah swt, sebagai ikhtiar kita mari kita sikapi datangnya Pandemi Convid-19 ini secara proporsional, rasional dan terukur, tidak abai tapi juga tidak panik membabibuta, sembari berdoa kepada Allah SWT semoga melindungi kita semua dari wabah virus corona Pandemi Convid-19.
Aamiin.

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

19 + four =