Wujudkan Kesetaraan Pemkab Lahat Buka Peluang Bagi Perempuan Melalui PPRG

LAHAT, Beritakite.com – Misi pembangunan di Kabupaten Lahat,  butuh keterlibatan semua pihak termasuk perempuan.  Untuk itu,  keterlibatan perempuan sangatlah penting.  Itupula alasan  pemkab Lahat memberikan pelatihan penyusunan dan penganggaran respontif gender (PPRG), Kamis (8/4/2021)  di Hotel Buser Lahat.

Bupati Lahat Cik Ujang, SH dalam sambutanya mengatakan, pengarusutamaan gender dalam pembangunan merupakan strategi untuk mengurangi kesenjangan antara laki laki dan perempuan, dalam mengakses dan mendapatkan manfaat pembangunan, serta meningkatkan partisipasi dan mengontrol proses pembangunan.

Selanjutnya,  katanya untuk mencapai keadilan dan kesetaraan gender dan upaya untuk menegakkan hak hak perempuan dan laki laki, atas kesempatan yang sama pengakuan yang sama, dan penghargaan yang sama, dalam bernegara berbangsa dan bermasyarakat.

“Sehingga, dengan dilaksanakannya kegiatan ini, dapat membantu mengurangi kesenjangan gender dan penghapusan diskriminasi terhadap perempuan dalam pembangunan untuk menjamin agar kebutuhan dan aspirasi laki laki dan perempuan dari berbagai kelompok sosial, maka diperlukan penyusunan perencanaan dan penganggaran responsif gender,”terangnya.

Ditempat yang sama,  Kepala kantor pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Lahat Hj.Noerlela menyampaikan, dasar kegiatan PPRG tertuang dalam instruksi Presiden nomor 9 tahun 2000 tentang pengarusutamaan gender dalam pembangunan Nasional.

Sementara, kedua, Permendagri nomor 67 tahun 2011 tentang perubahan atas UU nomor 15 tahun 2008 tentang pedoman umum pelaksanaan pengarusutamaan gender didaerah Bupati Lahat nomor 32 tahun 2020 tentang pelaksanaan pengarusutamaan gender dalam pembangunan.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan pelatihan ini, adalah agar para peserta mampu memahami secara keseluruhan, bagaimana pelaksanaan penganggaran yang responsif, dan ini mulai dari konser perencanaan pelaksanaan dan evaluasi gender dimasing masing dapat terwujud. Giat ini akan digelar selama 2 hari sejak tanggal 8 sampai dengan 9 April 2021 di Hotel Buser Lahat,” tegasnya.(sr)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

4 − 3 =

Berita Populer

Berita Sumsel

iklan kpu