YLKI Lahat Desak Pemkab Tertibkan Miras Oplosan

Lahat, beritakite.com –  Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Lahat Raya meminta Pemerintah Kabupaten Lahat bersama Tim Terpadu segera menertibkan minuman keras oplosan yang banyak beredar di masyarakat, karena membahayakan bagi kesehatan.

“Peredaran minuman Miras Oplosan, diduga kuat tidak memiliki izin dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM),” kata Ketua Yayasan Lembaga Konsumen (YLKI) Lahat Raya, Sanderson Syafe’i, ST. SH di Kantornya, Jum’at (13/4).

Masih beredarnya secara gelap minimun keras (Miras) Oplosan itu, menurut dia, karena kurangnya pengawasan rutin dan permintaan banyak serta lemahnya penegakan hukum, sehingga miras ini tetap beredar,” ujar Sanderson.

Dia menjelaskan, karena besarnya permintaan miras itu, menyebabkan banyaknya pemasok barang haram tersebut, sebagian masyarakat dengan sengaja membuat miras oplosan atau diolah sendiri. Namun, akhirnya tidak sedikit pula warga masyarakat yang menjadi korban atau meninggal sia-sia, akibat mengonsumsi miras yang bercampur bahan kimia”terangnya.

“Pemerintah perlu menyelamatkan penduduk dari kematian, akibat dari dampak ketergantungan miras oplosan yang sangat berbahaya bagi kesehatan tersebut,” katanya.

Sanderson menambahkan, generasi muda, para pelajar, dan mahasiswa juga banyak yang sudah terpengaruh dan mabuk-mabukan setelah meminum miras, serta kebiasaan jelek ini harus secepatnya dihentikan.

“Para generasi muda, calon-calon pemimpin bangsa kedepan harus secepatnya meninggalkan miras, karena tidak sesuai dengan budaya ketimuran,” katanya.

(mhd)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

five × 4 =

Berita Populer

Terbaru