Buah sawit hasil curian yang berhasil diamankan

Polisi Di OKU “Panen” Pencuri Kelapa Sawit

OKU – Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (Polres OKU) melalui anggota kepolisian dari Polsek Baturaja Barat dan Polsek Lubuk Batang berhasil mengamankan 3 orang komplotan pencuri buah kelapa sawit.

Para tersangka tersebut ditangkap usai menjalankan aksinya mencuri buah kelapa sawit milik PTP. Minanga Ogan di Apdeling 3 Soge Kelurahan Batu kuning Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten OKU.

“Hari ini (Jum’at 4 Juni 2021) anggota kita berhasil menangkap 3 dari 6 pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 KUHP,” ujar Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga melalui Kasubag Humas AKP Mardi Nursal kepada awak media Jum’at (4/6/21).

Dibeberkan AKP Mardi Nursal 3 orang pelaku yang berhasil ditangkap adalah Puldeni (46) warga Desa Lubuk Batang, Herwan alias Pak Belalang (42), dan Albadri (29) Warga Desa Kurup. Sedangkan pelaku lain atasnama Iyan (35), Apri (30) dan Bobi (25) berhasil melarikan diri dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Para tersangka pencuri buah kelapa sawit

“Herwan alias Pak Belalang sendiri adalah karyawan PT. Minanga Ogan Desa Kebun Jati Kecamatan Semidang Aji dan dia juga yang merencanakan pencurian ini,” jelasnya

AKP Mardi Nursal menuturkan bahwa tersangka Herwan dan Paldeni sebelum melancarkan aksinya pada hari Kamis (3/6/21) merencanakan aksinya di kios milik Paldeni sekitar pukul 14.00 WIB.

“Herwan bertugas menyiapkan lokasi sawit dan tempat yang aman untuk dicuri, sedangkan Paldeni bertugas menyiapkan kendaraan/mobil dan tenaga pemanen,” jelasnya.

Selanjutnya pukul 16.00 Herwan bersama Iyan, Badri, Apri dan Bobi berangkat ke lokasi kebun sawit Minanga Ogan yang berada diwilayah Kelurahan Batu Kuning untuk melancarkan aksinya mencuri buah sawit.

“Mereka mengambil buah sawit yang masih ada di pohon sawit dengan menggunakan alat dodos dan selesai pukul 24.00, kemudian tersangka Herwan menjemput Paldeni dan langsung membawa mobil truk milik Paldeni untuk memuat buah yang telah di curi oleh rekan-rekan mereka,” terang AKP Mardi Nursal.

Sekitar pukul 01.30 WIB para pelaku selesai memuat buah sawit ke dalam 1 unit truk dengan nomor Polisi BG 4472 EB, lalu para tersangka pulang dengan membawa buah sawit hasil curian.

“Sekitar 1 km berjalan para pelaku berhasil ditangkap aparat kepolisian Polsek Baturaja Barat dan Polsek Lubuk Batang,” lanjutnya.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan dari kejadian tersebut yaitu 1 unit truk PS 120 warna kuning BG 4472 EB, 1 unit motor Supra Fit Nopol F 6513 WK, 4 ton buah sawit dalam mobil truk, 1 bilah parang, 1 tas ransel berisikan Dodos (alat pemetik buah sawit) dan 1 bilah Dodos alat pemetik buah sawit.

“Selanjutnya pelaku dibawa ke unit reskrim Polsek Baturaja barat guna pengusutan secara hukum,” pungkas AKP Mardi Nursal.

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

2 × 2 =

Berita Populer

Berita Sumsel

iklan kpu