Gubernur Sumsel H. Herman Deru didampingi Plh Bupati OKU H. Edward Candra dan Direktur DHD Farm Heri meresmikan kolam budidaya ikan DHD Farm di Desa Belatung OKU

Gubernur Sumsel Resmikan Kolam Ikan DHD Farm Di Desa Belatung OKU

OKU – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru HD meminta agar perbankan, BUMN, BUMD, PKK, dharma wanita, serta pihak-pihak terkait dapat bekerja sama dengan DHD Farm guna meningkatkan perekonomian Masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Gubernur yang akrab disapa HD itu saat meresmikan budidaya ikan menggunakan sistem Bioflok milik DHD Farm di Desa Belatung Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten OKU, Jum’at (21/5/21).

“Saya minta pemerintah dari provinsi hingga ke desa, TNI, Polri dan instansi lain untuk bekerjasama dengan DHD agar kita tidak tergantung dengan pasokan (ikan) dari daerah lain, dan kepada Bank Sumsel Babel untuk punya perhatian khus kepada gerakan-gerakan yang sangat produktif ini,” tegas HD.

Dalam kesempatan tersebut selain melakukan pengguntingan pita tanda diresmikannya kegiatan budidaya ikan sistem bioflok, Gubernur Sumsel juga melakukan tebar benih ikan dan panen perdana ikan lele di kolam Bioflok milik DHD Farm di lahan seluas +/- 10 ha. 

Gubernur Sumsel H. Herman Deru didamping Plh Bupati OKU H. Edward Candra melakulan tebar benih ikan lele dikolam bioflok DHD Farm

DHD Farm sendiri merupakan sebuah badan usaha berbentuk koperasi yang melakukan kegiatan usaha budidaya ikan dengan sistem kemitraan. Dalam kegiatan budidayanya, DHD Farm menghunakan kolam sistem bioflok yang terbukti efektif diterapkan dalam budidaya lele.

Dalma peresmian tersebut Gubernur Herman Deru menuturkan bahwa dengan sistem plasma yang digunakan DHD Farm akan sangat menguntungkan petani, karena pemeliharaan ikan hingga penjualan semuanya dilakukan DHD Farm.

“Jadi petani plasma tidak pusing mencari pasar, karena dari budidaya hingga penjualan nya semuanya sudah dilakukan DHD Farm, inilah bentuk pembinaan yang berkesinambungan,” sambung HD

Terkait kolam bioflok HD menuturkan bahwa sisitem kolam bioflok ini merupakan contoh teknologi sederhana yang dapat diterapkan ditengah masyarakat, dan hasilnya telah terbukti efektif dalam proses budidaya ikan lele.

“Kepada PPL agar dapat memperhatikan ekonomi-ekonomi kerakyatan yang tidak membutuhkan permodalan besar, harapan saya kalau bisa setiap rumah tangga bisa punya bioflok sendiri, sehingga bisa memenuhi kebutuhan sendiri,” harap HD.

Kedepan HD meminta agar DHD Farm selain pengembangan budidaya ikan juga mengembangkan budidaya sayur mayur dengan bekerjasama dengan PKK, Dharma wanita, persit, Adhyaksa Dharmakarini dan organisasi lain guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Nampak hadir mendamping Gubernur Sumsel dalam peresmian kolam bioflok DHD Farm tersebut Sejumlah Kepala OPD Pemprov Sumsel, Plh Bupati OKU Edward Candra, Wakil Ketua DPRD OKU Yudi Purnanugraha, Dandim 0403/OKU, Kajari OKU, Anggota DPRD OKU, Sekda OKU Dr. H. Achmad Tarmizi, Kepala OPD Pemkab OKU, serta dihadiri Ketua MUI Kabupaten OKU, Forum Kepala Desa OKU, Forum BPD, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

two + 10 =

Berita Populer

Berita Sumsel

iklan kpu