Kasi Intel Kejari Muba Abu Nawas, SH. (tengah) saat kegiatan penyuluhan hukum TMMD Ke-111 di Kecamatan Lalan

Kasi Intel Kejari Muba Ajak Masyarakat Sukseskan TMMD ke-111

MUBA – Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Kodim 0401/Muba di Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tidak hanya melaksanakan pembangunan fisik, namun juga melaksankan pembangunan non fisik berupa pembangunan sumberdaya manusia.

Salah satu bentuk pembangunan sumber daya manusia yang dilaksanakan dalam TMMD Ke-111 di Kecamatan Lalan adalah kegiatan Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas yang menghadirkan aparat hukum dari Kejaksaan Negeri Muba (Kejari Muba) sebagai pembicara, Rabu (30/6/21).

Hadir sebagai pembicara dalam penyuluhan hukum yang dilaksanakan di Kantor Camat Lalan itu Kepala Kejaksaan Negeri Muba Marcos MM Simare Mare, SH., M.Hum., yang diwakili oleh Kasi Intelijen Abu Nawas, SH., penyuluhan hukum tersebut diikuti oleh peserta para Babinsa Koramil Kec. Lalan dan Kec. Sungai Lilin dan perangkat Desa Bandar Agung serta ibu-ibu PKK Kecamatan Lalan.

Abu Nawas, SH. (berdiri) saat menyampaikan materi dalam Penyuluhan Hukum

Nampak turut hadir dalam acara tersebut Camat Lalan Andy Soeharto, S.STP., M.Si., Danramil Bayung Lincir Kapten Suprayitno, PasiTer Kapten Hermanto, Sekretaris Dinas PMD Muba Drs. Deni Sukmana, M.Si dan Sekretaris Kecamatan Lalan Tri Setyo.

Dalam penyuluhan hukum itu, Kasi Intel Kejari Muba menyampaikan tentang Undang Undang nomor 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan. Dijelaskan Kasi Intel bahwa pada pasal 30 ayat 3 huruf a UUNo.16 tahun 2004 disebutkan bahwa dalam bidang ketertiban dan ketentraman umum Kejaksaan turut menyelenggarakan kegiatan peningkatan kesadaran hukum masyarakat.

Abu Nawas dalam kesempatan tersebut juga menjelaskan maksud penerangan hukum tersebut adalah bentuk sinergitas Kejaksaan Negeri Muba dalam mensukseskan pelaksanaan TMMD Ke-111 yang dilaksanakan Kodim 0401/Muba.

“Ini semua kami Kejaksaan hadir di acara ini karena merupakan bentuk sinergiritas antar kejaksaan dan TNI khususnya Kodim 0401/Muba,” tegas Abu.

Kasi Intel Kejari Muba Abu Nawas, SH., mendapatkan penjelasan mengenai sasaran TMMD Ke-111 oleh Tim TMMD

Dalan kesempatan itu Abu Nawas, SH juga menyampaikan harapan dan ajakan Kejari Muba agar masyarakat turut membantu menyukseskan pelaksanaan TMMD dan juga masyakat harus ikut andil baik tenaga dan pikiran supaya kegiatan ini terlaksana dengan lancar sesuai dengan harapan semua pihak baik Pemkab Muba, Kodim 0401/Muba maupun masyarakat Kecamatan Lalan.

Lebih lanjut Abu mengatakan bahwa Kecamatan Lalan adalah kecamatan yang dikatagori daerah perairan yang menghubungkan desa satu ke desa lain menggunakan sarana tranportasi air, yaitu mengunakan speed boat karena sebagian besar tidak bisa di lalui kenderaan darat karena wilayah perairan dan daratannya lahan gambut, sehingga jika musim hujan perjalanan lebih nyaman menggunakan jalur sungai.

“Bahwa biaya TMMD ini menggunakan biaya APBD Kabupaten Muba kurang lebih sebesar 14 milyar, dan giat TMMD di Muba ini merupakan TMMD dengab jumlah anggaran terbesar seluruh Indonesia,” beber Abu.

Anggaran 14 milyar tersebut disampaikan Abu Nawas akan digunakan untuk membangun infrastruktur jalan sepanjang 24,15 KM dan 2 jembatan sepanjang 40 meter di Kecamatan Lalan yang menghubungkan beberapa desa yaitu dari Desa Karya Makmur – Desa Karya Mukti.

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

one × two =