Lidyawati Cik Ujang Hadir Pertemuan Peningkatan SBAS/ODF

LAHAT, Beritakite.com – Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Ny Lidyawati Cik Ujang hadir pada pertemuan peningkatan SBAS ( Stop Buang Air Besar Sembarangan/ ODF Open Defecation Free ).Dengan upaya mencari pengetahuan mengurangi Perilaku buang air besar sembaranagan ( BABS / Open Defecation free ) termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat. Jum’at ( 10/9/2021 ),bertempat di Ball Room Hotel Callista

Dalam kesempatan ini juga Lidyawati Cik Ujang juga menyampaikan, ODF adalah suatu tindakan membuang kotoran atau tindak di sembarang tempat, seperti  Diladang, hutan, semak – semak, sungai, atau area terbuka lainnya dan dibiarkan menyebar mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air. Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat kesehatan sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, antara lain penyakit diare, muntah berak, typoid, disentri, penyakit cacing tambang, penyakit kulit dan lain sebagainya.

Tentunya akan berpengaruh buruk dengan kesehatan anggota keluarga, apalagi jika di dalam keluarga tersebut ada ibu hamil atau bayi yang akan bisa menyebabkan terjadinya kasus gizi buruk, kasus stunting dan lain-lain. sehingga untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit tersebut maka marilah kita sama-sama kita menghimbau, mengajak masyarakat di kabupaten lahat sekitar kita untuk tidak buang air sembarangan (BABS / ODf),” sampai Ketua TP PKK Lidyawati Cik Ujang

Oleh karena itu pada hari ini Ketua TP PKK Kecamatan diundang untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan Desa / Kecamatan dan Kabupaten yang ODF ( Open Defication Free ) yang baik dan benar dilingkungan masyarakat. Dimana nantinya diharapkan ibu-ibu bisa bersinergi dengan petugas Sanitarian Puskesmas di Wilayah masing-masing.

Sementara itu, Lidyawati Cik Ujang juga ajak masyarakat, ” Mari kita menjaga kesehatan lingkungan kita dimulai dari kebiasaan dengan cara tidak Buang Air Besar Sembarangan ( BABS ),Sehingga tercipta keluarga yang sehat, Desa yang Sehat dan Kabupaten Lahat yang Sehat menuju Lahat Bercahaya,”.(sr)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

10 + 10 =

Berita Populer

Berita Sumsel

iklan kpu