Plh Bupati OKU bersama Kapolres OKU dan Dandim 0403/OKU melakukan inspeksi kesiapan pasukan

Gelar Pasukan Operasi Ketupat Musi 2022, Polres OKU Siagakan 450 Personel

OKU, beritakite.com  – Dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1443 H Polres Ogan Komering Ulu (OKU) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Musi 2022, Jum’at (22/4). Peserta Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Musi 2022 Polres OKU di ikuti oleh Pasukan TNI-POLRI, Sat Pol PP OKU, Dishub OKU, Damkar OKU, Senkom OKU.

Kegiatan ini dilaksanakan dilaksanakan di Halaman Mapolres OKU dan dihadri oleh Plh Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah, S.STP., MM., M.Pd.,  Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo, Dandim 0403 OKU Letkol Inf Ferizal, Dan Subden POM, Wakapolres OKU Kompol H. Asep Supriyadi, S.H., Kaban Kesbangpol OKU, Kadis Perhubungan OKU, Kadis Damkar OKU, Kadis BPBD OKU, Kadis Kes OKU, Kepala Jasa Raharja OKU, Kasat Pol PP OKU/ diwakili Kasi Opsdal Sat Pol PP, Ketua Senkom OKU, Para PJU Polres OKU, dan para Kapolsek Jajaran Polres OKU

Plh Bupati OKU H Teddy Meilwansyah, S.STP., MM., M.Pd., yang bertindak selaku inspektur upacara dalam apel gelar pasukan tersebut  saat membacakan amanat dari Kapolri menjelaskan bahwa apel pasukan operasi ketupat tahun 2002 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran polri dengan tema apel gelar pasukan operasi ketupat dengan instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan idul Fitri tahun 1440 hijriah tahun 2002.

“Berbeda dengan idul Fitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan jalur jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik,” ucap Plh Bupati OKU membacakan amanat Kapolri.

Pemerintah tidak berharap masyarakat melakukan perjalanan mudik ditanggapi dengan evoria hal ini terbukti berdasarkan hasil survei badan Litbang kemenhub republik Indonesia diprediksi sekitar 85,5 juta massa akan melaksanakan mobilitas atau perjalanan selama lebaran, pergerakan masyarakat ini terutama terkonsentrasi di wilayah pulau Jawa dan Bali moda transportasi lebaran didominasi oleh jalur darat dengan menggunakan kendaraan pribadi sekitar 47% kendaraan umum sekitar 31% jalur udara 10% kereta api 10% jalur laut 2% dan lainnya 0,1% walaupun situasi  Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali dan tingkat penularan berada dibawah angka 1 dengan positif rumah sakit berada di bawah standar namun tetap saya tegaskan bahwa belum sepenuhnya selesai kita semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya transmisi Covid-19 pada saat dan pasca perayaan idul Fitri 1440 Hijriyah.

Sehingga diperlukan langkah-langkah seluruh stakeholder terkait agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan idul Fitri Tahun 2022 kita harus menyiapkan masyarakat agar aman dari penularan covid 19 dengan terus menggelar kegiatan vaksinasi untuk mencatat pada tanggal 30 April khususnya wilayah Jawa dan Bali mencapai 100% untuk dosis 20% dan 70% disertai dengan upaya pencegahan untuk menyelamatkan bangsa Indonesia dari COVID-19.

Operasi Ketupat 2022 sendiri akan dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April sampai dengan 9 Mei tahun 2022.

“Tentunya Pemkab OKU sangat mendukung kegiatan operasi ketupat musi di OKU ini,” kata Plh Bupati OKU H Teddy Meilwansyah, didampingi Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo Beserta Dandim 0403 OKU Letkol Inf Ferizal saat dibincangi awak media usai kegiatan.

Dijelaskan Teddy nantinya unsur muspida juga akan meninjau secara langsung kesiapan itu, Pihaknya akan melihat apa saja yang masih kurang dan dibutuhkan dalam kesiapan mengamankan idul fitri dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pemudik sehingga para pemudik dan masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dalam menyambut idul fitri.

Disinggung perihal disediakannya tempat vaksin di posko pelayanan, Teddy membenarkan namun untuk jumlah vaksin yang akan disediakan pihaknya bersama unsure muspida masih akan membahas dalam rapat yang akan digelar hari senin mendatang. “kalau banyaknya jumlah vaksin kita belum bisa memastikan karena baru akan kita bahas dalam rapat senin nantin,” tandasnya.

Sementara itu Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo SIK mengatakan dalam Ops Ketupat Musi 2002 ini, Polres OKU menyiagakan 450 orang personel, “Jumlah itu masih fleksibel dan akan terus kita tambah sesuai dengan kubutuhan dilapangan,” katanya

Menurut Kapolres, Euforia masyarakat dalam menyambut mudik lebaran tahun 2022 ini sangat tinggi khususnya melalui jalur darat, hal ini mengingat sudah dua tahun masyarakat tidak bisa mudik akibat pandemic covid 19. OKU sendiri merupakan jalur lintas tengah.

“Kami berupaya semaksimal mungkin melakukan pelayanan kepada pemudik dan kita juga menyediakan pos-pos pelayanan dan kemanan yang juga dilengkapi dengan pos vaksin,” tandasnya (Red)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*