HUJAN MEMBUAT SUNGAI OGAN MELUAP

Hujan yang mengguyur kota Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu bebarapa hari ini mengakibatkan sungai ogan naik. Peristiwa ini membuat penduduk yang tinggal di sekitaran sungai menjadi resah dan khawatir.

Akibat tingginya intesitas hujan pada hari Jumat (11/03/2022) tepat pukul 15.00 sore tadi hujan yg turun sangat deras membuat debit air sungai ogan meluap tepatnya di Dusun Baturaja Kelurahan Baturaja Lama. Hal tersebut memicu ketakutan bagi penduduk yg tinggal di pinggir sekitaran sungai yang khawatir apabila terjadi hujan lagi akan berdampak pada rumah mereka akan teredam oleh air. Sungai ogan meluap mulai pukul 16.00 WIB tadi hingga pada malam hari belum juga menyurut.

Budi salah satu penduduk yang tinggal disekitaran sungai berharap agar nantinya tidak turun hujan deras lagi agar air sungai tidak semakin tinggi dan juga berharap air sungai agar cepat menyurut.
” semoga malam ini tidak turun hujan agar air sungai tidak naik lagi dan lekas menyurut” ujarnya, Jumat (11/03/2022).

Pemerintah setempat seperti RW dan RT bergerak memberi himbauan kepada warganya untuk melakukan pencegah agar tidak terjadi banjir akibat air sungai naik karena hujan yaitu dengan cara tidak membuang sampah disungai bagi warga setempat, dan bergotong royong melakukan pembersihan saluran air di wilayah tertentu. Hal ini bertujuan agar saat terjadi hujan deras, tidak menimbulkan saluran air mampet yang justru berpotensi pada hadirnya banjir.

 

oleh: Febyola Nanda Elya ( Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*