Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri, ST., saat menjadi pemateri dalam seminar kepemudaan HIMAPEM FISIP Universitas Baturaja

Marjito Bachri : Mahasiswa Dan Pemuda Menjadi Pemilih Cerdas, Pemilu Serentak 2024 Jadi Pemilu Berkualitas

OKU, beritakite.com – Jika mahasiswa dan pemuda dapat menjadi pemilih yang cerdas pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, maka Pemilu Serentak 2024 akan bisa menjadi Pemilu yang sangat berkualitas.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri, ST., saat menjadi pembicaraan dalam kegiatan seminar kepemudaan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAPEM) FISIP Universitas Baturaja, Selasa (22/3/2022).

“Bila mahasiswa dan angkatan muda dapat mengambil bagian dalam Pemilihan Umum 2024 dengan cerdas maka Pemilu Serentak 2024 adalah pemilu yang sangat berkualitas,” kata Ir. H. Marjito Bachri.

Pernyataan tersebut menurut Marjito didasarkan pada data yang menunjukkan besarnya pemilih dari kalangan mahasiswa dan generasi muda.

Dibeberkan oleh Marjito bahwa pada Pemilu 2019 yang lalu, jumlah pemilih pemula (umur 17-20 tahun) mencapai lebih 17.500.000 pemilih, sedangkan pemilih dengan rentang umur 20-30 tahun mencapai angka kisaran 45.300.000.

“Diprideksi pada pemilihan umum serentak 2024 angkatan muda mencapai 60% dari jumlah mata pilih,” terang politikus Partai Gerindra itu.

Oleh karena itu, politikus kelahiran Desa Lontar Kecamatan Muarajaya ini menilai peranan generasi muda menyambut Pemilu Serentak tahun 2024 menjadi sangat strategis, karena kaum muda yang dikenal dengan sebutan generasi melenial ini yang akan menjadi penentu arah kepemimpinan bangsa pada Pemilu Serentak 2024 mendatang.

“Mari kita gali lagi sejarah perjuangan bangsa, dari sebelum kemerdekaan bahkanan sampai perkembangan setelah era reformasi ini, karena generasi muda akan menjadi penentu dalam mentrasformasi cita-cita luhur bangsa ini,” ajak Marjito.

Peserta seminar kepemudaan HIMAPEM FISIP Universitas Baturaja

Dengan menggali sejarah perjuangan bangsa, Marjito berharap agar genersasi muda hendaknya dapat mengahargai perjuangan pemimpin-pemimpin bangsa era kemardekaan, orde lame /orede baru hingga era reformasi saat ini.

“Dengan mengagali sejarah maka genersi muda bisa menentukan pemimpin yang berkualitas,” tegasnya.

Mahasiwa sebagai bagaian genarasi muda yang mengenyam pendidikan tinggi diharapkan oleh Marjito dapat menjadi pemilih yang cerdas dan dapat memilih pemimpin bukan karena pencitaraan, bukan karena retorika dan bukan karena money politik dan juga bukan bagian yang memproduksi hoax.

“Semoga adik-adik mahasiwa mempunyai solidaritas dan dapat memilih pemimpin yang lebih bijak dan dapat mengamalkan sila ke-4 dan ke-5 Pancasila,” pungkasnya.

Selain Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri, ST., seminar Kepemudaan yang dilaksanakan dalam rangka Pelantikan Pengurus HIMAPEM Universitas Baturaja itu juga menghadirkan pembicara Ketua KPU OKU yang diwakili Komisioner KPU Divisi Tekhnis dan Penyelenggara, Yudi Risandi, S.Sos., M.Si., dan Kanit Lidik I Sat Intelkam Polres OKU, IPTU Arif Wardoyo yang mewakili Kapolres OKU.

Seminar yang mengambil tema Kontribusi Pemuda Milenial Dalam Quo Vadis Pemilihan Serentak 2024 itu sendiri dilaksanakan di Auditorium Universitas Baturaja dan diikuti oleh Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Baturaja.