Masjid Nuurusy Syifa Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban

OKU – Seseorang yang memiliki kemampuan menyembelih hewan qurban dengan menggunakan adab dan sesuai syariat Islam sangatlah diperlukan menjelang hari raya Idul Adha seperti saat ini. Hal ini disebabkan hampir di setiap masjid, musholah, komplek perumahan, maupun kelompok-kelompok masyarakat menyelenggarakan pemotongan hewan qurban.

Sayangnya baik di masjid-masjid, mushola, komplek perumahan maupun kelompok masyarakat tidak semuanya memiliki orang yang memiliki kemampuan menyembelih hewan qurban dengan adab dan sesuai syariat Islam.

Guna menjawab tantangan tersebut, pengurus Masjid Nuurusy Syifa bekerja sama dengan Yayasan Asyifa Baturaja, Kemenag Kabupaten OKU dan MUI OKU melaksanakan pelatihan Pemotongan/ Penyembelihan Hewan Qurban, dengan tema “Sembelih Hewan Qurban dengan Adab dan Sesuai Syariat, Agar Berkah dan Bermanfaat”, Kamis (15/7/21).

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dari MUI OKU Ustadz H. Zulfan Baron, S.Pd.I, M.Si., dari Kemenag OKU Ustadz Marwansyah, S.Ag dan Ustadz H. Syarifudin, S.Pd.I dari Yayasan Asyifa Baturaja.

Ustadz Syarifudin saat menyampaikan sambutan dalam pelatihan penyembelihan hewan qurban

Pelatihan yang diikuti oleh peserta dari berbagai wilayah di OKU tersebut dihadiri dan di buka oleh Assisten 3 Setda OKU Romson Fitri, SH., MH., dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Pemkab OKU sangat mendukung kegiatan ini, semoga dengan pelatihan ini, pelaksanaan pemotongan hewan qurban di OKU bisa sesuai tujuan dari Pelatihan dan sesuai dengan aturan Dinas Peternakan,” ucap Romson Fitri dalam sambutanya mewakili Plh Bupati OKU Edward Candra.

Sementara itu Ustadz Syarifudin selaku pengurus Masjid Nuurusy Syifa menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman penyembelihan hewan qurban kepada umat Islam.

“Kita ingin umat Islam bisa faham dan mempraktikkan cara penyembelihan hewan qurban sesuai adab dan syariat Islam yanhg benar, sehingga hewan qurban yang di sembelih berkah,” ujar Ustadz Syarifudin.

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

5 × three =