Pemkab Lahat Siaga Ini Perintah Bupati Lahat Kepada Camat

LAHAT, Beritakite.com – Setidaknya dalam dua bulan terakhir hujan dan angin terus mengguyur Kabupaten Lahat, dengan intensitas kecil,  sedang dan tinggi.  Kondisi ini dikhawatirkan bisa memicu terjadinya bencana terlebih Kabupaten Lahat sendiri masuk dalam kawasan rawan bencana. Mulai dari tanah longsor, banjir, dan angin puting beliung.

Menanggapi surat edaran dari BMkG tersebut, Bupati Lahat, Cik Ujang SH langsung ambil langkah sigap, segera membuat tim kesiapsiagaan bencana. Mulai dari porsonil di lapangan, dapur umum, dan kesehatan.

“Musibah banjir di Kikim Timur, Mulak Sebingkai tahun lalu patut jadi contoh. Mengingat Lahat ini daerah rawan bencana, jadi kita harus siap,” kata Bupati Lahat, usai membuka apel kesiap siagaan bencana alam dan bencana sosial di halaman Pemkab Lahat.

Selain itu, Bupati Lahat juga menuturkan, saat ini ada beberapa titik alamat pergeseran tanah. Untuk itu, camat dipinta menyampaikan informasi ini ke desa-desa. Jangan sampai titik yang dinyatakan rawan tersebut, tidak diwaspadai sejak dini.

“Lebih baik waspada, kalau bisa jangan sampai ada warga, keluarga kita yang jadi korban bencana alam,” tuturnya. Dinas terkait dipinta melengkapi peralatan penunjang tanggap bencana. Agar masyarakat merasa yakin saat mendapat bantuan petugas di lapangan.

Cik Ujang berpesan, bencana banjir bukan hanya karena kondisi alam. Prilaku masyarakat yang masih buang sampah sembarangan di sungai, got. “Seperti contoh kasus masih ada warga yang menjadikan area got untuk bangunan rumah, menyebabkan sampah bertumpuk, lalu air jadi meluap,”tegasnya,  Rabu (3/2/2021). (Sr)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

seventeen − 3 =