Sekolah Tani Ternak PKS OKU

Sekolah Tani Ternak PKS OKU, Ajarkan Cara Budidaya Lebah Trigona Kepada Petani

OKU, beritakite.com – Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar Sekolah Tani Ternak bagi sejumlah petani di Kecamatan Muara Jaya, Kamis (30/9/21).

Kegiatan yang dilaksankan di Desa Muara Saeh Kecamatan Muara Jaya tersebut dihadiri oleh Ketua DPD PKS OKU Azwar Aripin, M.Pd.I dan Sekretaris Bidang Pembinaan Desa, Tani dan Nelayan DPD PKS OKU Wahyu Andri Setiawan, A.Md., Ketua DPC PKS Muara Jaya Sunarno, S.Pd., serta sejumlah petani Kecamatan Muara Jaya.

Dalam kegiatan Sekolah Tani Ternak tersebut, Wahyu Andri Setiawan dari DPD PKS OKU memberikan pelatihan budidaya lebah trigona sp (lebah galo-galo / klanceng) kepada para petani.

“Kegiatan Sekolah Tani Ternak ini bertujuan dalam rangka mewujudkan Dan memberdayakan Ekonomi kader dan struktur DPC, DPA,” ujar Ketua DPD PKS OKU Azwar Aripin menyampaikan tujuan kegiatan tersebut.

Ketua DPD PKS OKU Azwar Aripin melihat kondisi log lebah trigona yang akan diserahkan kepada petani

Menurut Azwar Sekolah Tani Ternak ini sebagai bentuk nyata Perhatian PKS kepada kader dan masyarakat untuk meningkat ekonomi ditengah pandemi saat ini.

“Ini merupakan konsep yang digagas PKS untuk bersama membangun bangsa dari desa,” ucap Azwar.

Dalam kesempatan tersebut Ketua DPD PKS OKU menyerahkan 10 log koloni lebah trigona kepada pengurus DPC PKS Muara Jaya sebagai stimulus kepada petani/kader PKS Muara Jaya

“Semoga 10 log lebah trigona ini bisa sebagai stimulus kepada para kader PKS yang juga berprofesi sebagai petani dan peternak dalam membudidayakan lebah trigona,” pungkas Azwar.

Lebah trigona sp sendiri merupakan genus lebah tanpa sengat yang menghasilkan madu, selain madu, lebah ini juga menghasilkan propolis, madu yang dihasilkan lebah ini dipasaran bernilai jual lebih tinggi dibandingkan madu dari lebah jenis sialang atau lebah apis cerena., saat ini lebah jenis trigona ini mulai marak di budidayakan di Indonesia.

Lebah trigona memiliki sebutan yang berbeda-beda di berbagai wilayah Indonesia disebagian pulau Sumatera sering disebut galo-galo atau gale-gale, di Pulau Jawa dikenal dengan nama lebah Klanceng dan berbagai sebutan lainnya.

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

five × one =